.

Selasa, 04 Juni 2013

Awal mula memelihara LOBSTER air tawar






Lobster Air Tawar...

Awal mulanya saya diajak untuk memberi makan udang yg sedang dipelihara Bos (Majikan) ditempat saya bekarja, karna tertarik melihat warnanya yg cantik serta unik tak seperti udang umumnya saya memberanikan diri untuk memintanya beberapa ekor untuk dipelihara dirumah sebagai hiasan diaquarium, ternyata perminta'an saya direspon dengan Majikan saya, diberikannya 3 ekor udang ukuran 3 inchi untuk saya pelihara dirumah, tapi saya tidak tau mana udang yg jantan & mana yg betina...

Setelah beberapa bulan kemudian udangpun berukuran semakin besar, mulai terlihat perbedaan mana udang jantan & mana udang yg betina, dan saya pun mulai mengetahuinya, timbul keinginan hati untk memperbanyak udang tersebut, saya pun meminta tolong kepada Bapak saya untuk membuatkan kolam, & Bapak saya pun menanggapinya, dibuatkannya kolam dengan ukuran P = 1,5 meter & L = 70 cm...

Karna sudah ada kolam, udangpun saya pidahkan dari aquarium, dengan aerator ( gelembung udara), bebatuan & potongan2 pipa paralon saya masukkan kedalam kolam tersebut, agar udang tersebut dapat berkembang biak dengan baik, pagi dan sore hari udang saya beri makan dengan pelet udang tentunya, tidak pernah saya beri makan cacing, 3 minggu kemudian karna mumpung libur kerja saya berniat untuk membersihkan kolam udang, saya surutkan air kolam dgn menggunakan selang air, karna penasaran udangpun saya angkat satu persatu, saya terkejut ketika satu udang betina saya angkat, ternyata udang tersebut sedang bertelur, karna merasa kaget udangpun langsung saya masukkan kedalam ember yg telah berisi air bersih yg telah saya campur dengan beberapa gayung air kolam sebelumnya, karna Majikan saya sebelumnya telah memberi tahu, " kalau membersihkan kolam, airnya jgn dibuang semua, sisahkam beberapa gayung, untuk dicamur kembali dengan air kolam yg baru, karna itu sangat berpengaruh untuk induk udang yg sedang bertelur..."

Setelah sebulan kemudian didalam kolam sudah mulai tampak udang2 kecil yg sedang ber_jalan2 dibebatuan dan dinding kolam, ternyata telur induk udang sudah menetas, rasa senang  dan tak percaya timbul dlm hati, ternyata tidak susah untuk memelihara Lobster Air Tawar ini,dan sampai sa'at ini saya masih memeliharanya...


Timbul keinginan untuk membuka usaha ternak Lobster Air Tawar ini, selain dipelihara untuk hiasan jga bisa dikosumsi, sangat terbuka dan memiliki prospek bisnis yang sangat menjanjikan, tapi karna situasi dan kondisi yg tak memadai keinginan itu masih tersimpan didalam hati...

NB : Buat teman _teman yg minat untuk bekerja sama membuka usaha atau ternak Lobster Air Tawar ini, bisa hubungi saya ke no : 0813 8826 2588 atau 0878 6878 1222

Tidak ada komentar:

Posting Komentar